Laporan Akhir Percobaan 3 Modul 1

  • Arduino-Uno
  • Keypad
  • LCD Character



    Metode scanning keypad adalah mendeteksi hubungan pin baris dan kolom karena tombol ditekan, secara berurutan, bergantian dan satu-persatu. Lebih jelasnya sebagai berikut :
  •       Pin-pin kolom menjadi output dan pin-pin baris menjadi input.
  •       Pin kolom dan pin baris kondisi awalnya (default) berlogika 1 semua.
  •       Output pin kolom 1 berlogika 0 lalu deteksi :
Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘1’
Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘4’
Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘7’
Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘*’

    •           Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
    •           Output pin kolom 2 berlogika 0 lalu deteksi :   
·       Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘2’
·       Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘5’
·       Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘8’
·       Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘0’

    •           Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
    •           Output pin kolom 3 berlogika 0 lalu deteksi :
·       Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘3’
·       Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘6’
·       Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘9’
·       Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘#’

    •           Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
    •           Output pin kolom 4 berlogika 0 lalu deteksi :
·       Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘A’
·       Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘B’
·       Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘C’
·       Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘D’



#include <liquidcrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <keypad.h>          //Deklarasi library keypad


const byte ROWS = 4;         //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3;           //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
  {'1', '2', '3'},
  {'4', '5', '6'},                         //Inisialisasi keypad matriks 4x3
  {'7', '8', '9'},
  {'*', '0', '#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};   //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom

// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

void setup() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
  // Set baris dan kolom LCD
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1, 2);
  lcd.setCursor(4, 3);
  lcd.setCursor(0, 0);
}

void loop() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
  char key = keypad.getKey();       //Membaca keypad

  if (key) {                                     //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
    lcd.print(key);                           //Menampilkan input dari keypad pada LCD
  }
}

  • Pada saat ingin menampilkan angka 5 6 7 8 dan mulainya di baris 2 kolom 7, analisa bentuk program dan displaynya!
Jawab:




8. Link Download [back]
    Link Download Video [disini]
    Link Download Rangkain [disini]
    Link Download Listing Program [disini]
    Link Download  HTML [disini]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar